Monday, July 18, 2005

GIE

Jumat kemaren gw ama Tiza, Sinta & Degi nonton film GIE...
Walopun keujanan di jalan, tapi semangat penasaran teuteup tinggi...
Waktu kuliah dulu sosok Soe Hok Gie bergaung banget di kampus gw...
Dari zaman orientasi mahasiswa baru alias Ospek...
Sampe musim2nya demo nurunin OrBa...
Gie kayanya jadi inspirator abiez dech...

Berbekal pengetahuan yang ga seberapa itu...
(Karna emang gw bukan seorang aktivis pas kuliah...
Cuman pernah ikut demo tiga kali...
T'masuk ' victory' demo di MPR taon 98,
yang berhasil ngegulingin Soeharto...)
Gw nikmatin kerja bareng Riri Riza 'n Mira Lesmana...

Bagus banget tuch film!!
Pelajaran SMA dulu berguna banget...
Gw jadi ngerti alur ceritanya...

Even memori gw buat detilnya ga segitunya seh...

Tapi yang pasti jadi nostalgila, zaman2 kuliah...
Apalagi pas ikutan deg2an plus esmosi waktu adegan demo...
Gw sech berasumsi mostly gara2 efek satu almamater...
Ato... hhhmmm...
Apa gara2 banyak angin (baca: gebetan) gw yang dulu t'masuk aktivis ya?

Jonathan Mulia yang meranin Gie waktu kecil, okeh banget aktingnya...
(Tapi kalo lebih ditilik lagi, dia lebih mirip ama Marcel daripada ama Nico)...
Nico juga lumayan bermaen total kalo gw bilang...
Buktinya sampe berhasil ngurusin badan..
Ama nampilin gaya jalan yang cupu abiez...

Cuman ada beberapa hal yang bikin gw agak sedikit terganggu...

(Sekalian kritik kalee ya buat Miles)...
Mungkin kalo Anker ato toko Bata musti muncul di film itu bisa dimaklumin..
Sponsor geeto loch....
Tapi... kalo tas putih yang dipake ama Sinta (Wulan Guritno)...

Yang notabene produk yang baru in sekarang2 ini...
Or Cadbury yang dimakan ama Gie waktu nyepi di Gunung Gede...
Well... Agaknya Iri Supit, sang penata artistik, agak kecolongan juga...

Tapi overall, GIE emang patut diacungin 2 jempol...

TOB ABIEEZZZ!!!
Bikin gw bertekad baca Catatan Seorang Demonstran secara utuh...
Mu nyari cetakan lama nya...
Adakah yang punya??

5 Comments:

Anonymous chubby-gal said...

hiks.. mengharukan juga ya pelm itu.. bagus deh.. bagus.. hanya ya.. gue ga kenal sejarah itu segitu dalam.. hiks2..

4:34 PM, July 18, 2005  
Anonymous alaya said...

Angker bir udah ada di indonesia dari jaman sebelum kemerdekaan.

Bata, baik pabrik maupun tokonya, udah ada di Indonesia dari tahun 1937. Jaman itu malah banyak orang yang pake sepatu Bata karena paling murah dan paling keren.

Cadburry udah masuk Indonesia dari jaman sebelum kemerdekaan Indonesia. dan ketika tahun 1960-an jadi coklat paling terkenal di Indonesia.

He..he..he...

Gue juga penasaran tentang artistik film Gie dan tanya-tanya, walhasil, ternyata gak ada bolongnya tuh artistik film itu.

2:58 PM, July 20, 2005  
Blogger rievees said...

Woooowww... Alaya gw salut ala lu...Gw penasaran, tapi sayangnya ga riset dulu dugaan gw bener apa ga...hehehe.. dan ternyata dugaan gw salah smua.. jadi malu nech... Buat Mas Iri Supit, two thumbs up kalo githooo...

9:39 AM, July 25, 2005  
Anonymous make money said...

This comment has been removed by a blog administrator.

1:21 AM, October 27, 2005  
Anonymous Anonymous said...

kalo ada yang tau soal jontahan mulia lasih tau ya...
apa emailnya apa fotonya gitu?
hub;riyo_baek@yahoo.com


thxxx

7:11 PM, November 16, 2005  

Post a Comment

<< Home